JAKARTA -- Asosiasi Sedulur Kayu dan Mebel (Sekabel) mengaku tidak menentukan sikap dukungan terhadap calon presiden yang berlaga di Pilpres 2024 ini. Asosiasi ini sebelumnya sempat mendukung Joko Widodo atau Jokowi dalam Pilpres 2019 lalu.

Hal ini diungkapkan Ketua DPP Sekabel Setyo Wisnu Broto, usai bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (29/12/2023).

BACA JUGA: Blusukan Masuk 2 Pasar di Jakarta, Gibran Santap Durian hingga Borong Bahan Makanan

"Hari ini kami bisa diterima beliau mungkin ada konotasi relawan, ini tidak. Kami pengusaha kayu. Kami istilahnya di sini bersama pak Jokowi ingin mengembangkan Indonesia," ungkap Setyo saat memberikan keterangan pers.

Ia menegaskan dari asosiasinya tidak lagi menentukan sikap dukungan terhadap salah satu pasangan calon. Menurutnya para anggota asosiasi dibebaskan memilih sesuai dengan preferensi masing-masing.

"Mengenai presiden nanti siapa yang jadi tentunya kami akan memilih sesuai hati masing-masing. Jadi kami dalam industri mebel ini ada hampir 15,7 juta dari ribuan perusahaan tenaga kerja dan anggotanya," sebut Setyo.

Meski begitu ia mengakui 2019 lalu sempat mendukung Presiden Joko Widodo dalam kontestasi Pilpres. Namun saat ini asosiasinya tidak melakukan deklarasi.

"Sekarang pak Jokowi sudah tidak di dalam kontestasi pilpres sehingga kami tidak menentukan sikap," katanya.

"Dulu kita menghadirkan 20 ribu massa, di Pilpres kali ini kami tidak melakukan deklarasi," sambungnya.

Setya pun menegaskan meski anak dari Jokowi yakni Mantan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka juga ikut dalam kontestasi sebagai Wakil Presiden mendampingi Capres Prabowo Subianto, asosiasinya mengaku masih netral.

BACA JUGA: Airlangga Beri Sinyal Jokowi dan Putranya Gibran Gabung ke Partai Golkar

"Tapi kalau nanti arah politik seperti apa kita gak tahu, akhirnya ada tiga calon dan salah satunya ini Gibran masuk di bursa. di Kami pun saat ini netral, Kita hanya bisik-bisik asik, begitu," katanya.

Namun secara pribadi dan di luar organisasi, Setya melihat Prabowo - Gibran bisa melanjutkan program dari Jokowi. Ia pun berseloroh organisasi relawan Sekabel yang pernah dibentuk bukan untuk mendukung anak dari Jokowi.

"Anak Jokowi bukan tukang kayu, tukang martabak. Nanti jadi Sekabak," candaannya.

#cnbc/bin




 
Top