PADANG -- Tim Pendamping Keluarga (TPK) memiliki peranan penting dalam menangani masalah stunting. TPK terdiri dari bidan, kader TP PKK dan kader KB, mengemban tugas mulia meliputi pendampingan bagi calon pengantin/calon pasangan usia subur, ibu hamil, ibu pasca persalinan, anak usia 0-59 bulan serta melakukan surveilans keluarga berisiko stunting. 

BACA JUGA: MPP Kota Padang Kini di Plaza Andalas, DPM-PTSP Diminta Cari Banyak Investor!

Di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), telah terbentuk sebanyak 489 TPK yang tersebar di 104 kelurahan dan 11 kecamatan. Total anggota TPK di kota ini  berjumlah 1.467 orang. 

"Mereka nanti yang bersentuhan langsung dengan masyarakat dan memberikan masukan serta saran agar masyarakat memiliki asupan gizi sesuai yang dibutuhkan," ungkap Wali Kota Padang Hendri Septa sewaktu membuka secara resmi Pertemuan TPK se-Kota Padang, di Gedung Bagindo Aziz Chan Youth Center, Selasa (19/12/2023).

Ia menambahkan, untuk mendukung kinerja para TPK di lapangan, Pemko Padang juga telah memberikan insentif kepada para TPK, baik yang bersumber dari APBD Kota Padang, pemerintah pusat, Corporation Social Responsibility (CSR) dan bantuan dari pihak lainnya.

KEPINGIN Gabung Jadi Biro Perwakilan Media Online Sumatrazone di Wilayah Anda? Dapatkan Aneka Fasilitasnya! Hubungi Kami via WA: +6283181675398. SYARAT RINGAN, QUOTA TERBATAS!

"Kami sangat berharap dengan adanya TPK ini dapat menangani masalah stunting di Kota Padang. Stunting merupakan kemunduran dalam hal fisik, kemunduran dalam hal pertumbuhan mental dan kemunduran otak, yang harus dicegah agar kita dapat membentuk generasi berkualitas," pungkas Wako.

Dalam kesempatan tersebut Wako Hendri Septa juga menyerahkan bantuan berupa Susu Kaleng untuk anak berisiko stunting dan baju serta rompi kepada TPK Kota Padang, yang merupakan bantuan dari PT Federal International Finance (FIFGROUP). Serta penyerahan dana insentif bagi TPK se-Kota Padang.

BACA JUGA: Warga Padang Ogah Pilih Caleg "Predator" Lingkungan!

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Inspektur Arfian, Kepala DP3AP2KB Eri Sendjaya, Kadis Kesehatan Srikurnia Yati,  Kadis Pertanian Yoice Yuliani, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Padang Ny. Genny Hendri Septa, pimpinan OPD, Camat, dan stakeholder terkait.

#rel/ede




 
Top