KAB.SOLOK, SUMBAR -- Banjir bandang menerjang Nagari Surian, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) pada Rabu (20/12/2023) menjelang Maghrib sekira pukul 18.00 WIB. Curah hujan tinggi mengakibatkan meluapnya aliran Sungai Kayu Manang yang mengalir di nagari tersebut.

BACA JUGA: Musim Hujan, PMI Solok Selatan Imbau Warga Waspadai Ancaman Bencana

Arus air yang deras meluap ke area pemukiman warga, menggenangi jalan dan area pertanian setempat. Akibatnya, puluhan rumah warga rusak, lahan pertanian tak luput dari rendaman air.

Kalaksa BPBD Kabupaten Solok Irwan Efendy, kepada awak media, mengatakan, pihaknya sudah turun ke lapangan dan melakukan pendataan  dampak banjir yang terjadi pada waktu jelang Magrib itu. 

“Beberapa hektare lahan pertanian warga juga terdampak oleh banjir bandang ini,” ungkap Irwan.

Ia juga menyebutkan bahwa berdasarkan video yang dikirimkan warga, ada jembatan yang terlihat putus. Namun, pihaknya belum bisa menjelaskan detail kerusakan materil akibat banjir ini karena masih proses pendataan.

BACA JUGA: Imelda Sari, Caleg DPR RI Demokrat Dapil Sumbar 1 Hadiri Ritual Minta Hujan di Kabupaten Solok

Salah satu narasi beredar di medsos menulis:

Innalilahi wa innailaihi rajiun telah terjadi banjir bandang di Surian dan air nya sudah mencapai jembatan jalan lintas tepatnya di kayu manang Surian. Saat ini terjadi macet karena kendaraan tak ada yg berani melintas

“Tim kita sudah di lapangan. Kita juga sudah berkoordinasi dengan Dinas PUPR dan Dinas Sosial dalam penanganan bencana ini,” pungkasnya.

#son/ede





 
Top