PADANG -- Setelah melalui penantian cukup panjang, akhirnya gedung baru kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang yang berlokasi di kawasan jalan By Pass Aie Pacah Padang dinyatakan telah rampung pembangunannya, ditandai penandatangan prasasti gedung oleh Wali Kota Padang Hendri Septa dan Ketua DPRD Kota Padang Syafrial Kani dalam acara peresmian, Jumat (22/12/2023) kemarin.

BACA JUGA: Hendri Septa Bersyukur Masih Jabat Wali Kota Padang hingga April 2024

Diketahui, pembangunan gedung baru kantor DPRD Kota Padang dengan luas bangunan 11.267 m2 ini dimulai sejak awal Februari 2022 lalu dengan pagu anggaran lebih dari Rp129 miliar, bersumber dari APBD Kota Padang Tahun Anggaran (TA) 2022 dan 2023.

Detailnya, sebagaimana diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang Andree H Algamar selaku panitia pembangunan, pelaksana kegiatan fisik atau konstruksi pembangunan adalah PT. Nindya Karya (persero) dengan nilai kontrak Rp. 129.198.063.082,78 dan nomor kontrak 18/Kont-PB/APBD/PUPR/2021, tanggal kontrak 08 Desember 2021.

Sedangkan manajemen konstruksi dikerjakan oleh PT. Artefak Arkindo (persero) dengan nilai kontrak Rp. 3.469.266.150,- dan nomor kontrak: 11/Kont-PB/APBD/PUPR/2021 dan tanggal kontrak 08 Desember 2021.

“Lama pekerjaan adalah 750 hari kalender atau 25 Bulan dan sumber dana APBD Kota Padang Tahun 2021-2023 dengan masa pemeliharaan 180 hari kalender,” bebernya.

Sementara itu, PHO: PHO.03/FS-KPG/DPRD/GPL-PUPR/2023, tanggal 30 November 2023, dimana pelaksanaan selesai lebih cepat 1 bulan.

Menurutnya Andree, gedung baru kantor DPRD Kota Padang yang posisinya berdampingan dengan Balaikota Padang ini sudah bisa difungsikan untuk rapat paripurna atau rapat internal dewan. 

"Insya Allah, dalam beberapa hari ke depan akan masuk meubiler-nya, sehingga seluruh wakil rakyat bisa menempati kantor ini 100 persen," ujarnya.

Dalam sambutannya di acara peresmian gedung, Wali Kota Hendri Septa menyampaikan rasa syukur atas telah selesainya pembangunan gedung baru Kantor DPRD Kota Padang tersebut.

"Alhamdulilah, setelah melalui penantian yang cukup panjang pembangunan gedung DPRD tersebut akhirnya bisa terwujud dan hari ini sama-sama kita resmikan. Kantor ini sangat representatif, apalagi posisinya sangat ideal bersebelahan dengan Kantor Balai Kota Padang di kompleks perkantoran Pemerintah Kota Padang, Aie Pacah," ungkap Wali Kota.

BACA JUGA: TOK! Rp 27,5 Triliun APBD Kota Padang 2024 Disahkan!

Selanjutnya, atas nama Pemerintah Kota (Pemko) Padang Hendri Septa berharap dengan adanya gedung baru dapat membawa semangat baru pula dalam pelaksanaan tugas dan fungsi DPRD Kota Padang ke depan. Begitu juga meningkatkan sinergi dan kolaborasi antara DPRD dengan Pemko Padang.

“Selamat kepada unsur pimpinan dan anggota DPRD Kota Padang yang akan berkantor di gedung yang baru dan megah ini. Semoga kita semakin harmonis dan meningkatkan kemitraan untuk lebih memajukan daerah dan mensejahterakan warga Kota Padang ke depan,” pungkasnya.

Sementara, Ketua DPRD Kota Padang Syafrial Kani mengaku sangat berterima kasih kepada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang beserta jajaran yang telah mendukung pembangunan gedung baru kantor DPRD Kota Padang tersebut.

"Kantor kita yang lama di Jalan Sawahan kurang representatif. Ruang sidang dan ruang fraksinya kecil, apalagi lahan parkirnya juga tidak memadai. Alhamdulillah, sekarang kita sudah punya kantor yang bagus. Semoga ini akan menambah semangat bagi para unsur pimpinan dan anggota dewan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi DPRD Kota Padang ke depan," imbuhnya.

Peresmian kantor para wakil rakyat di Kota Bingkuang itu, ditandai dengan penandatanganan prasasti gedung oleh Wali Kota Hendri Septa dan Ketua DPRD Kota Padang Syafrial Kani serta dilanjutkan pengguntingan pita yang diikuti para Wakil Ketua dan unsur Forkopimda Kota Padang.

Seluruh pimpinan dan anggota DPRD Kota Padang menyaksikan momen tersebut. Juga hadir di kesempatan itu Wakil Wali Kota (Wawako) Padang Ekos Albar bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Andree Algamar serta para Asisten dan seluruh pimpinan OPD hingga Camat di lingkup Pemerintah Kota (Pemko) Padang.

Seperti diketahui, pada gedung baru Kantor DPRD Kota Padang tersebut dibangun sebanyak tiga gedung dengan tiga lantai dengan konstruksi bangunan tahan gempa.

Terdapat satu ruang sidang utama disertai ruangan unsur pimpinan dan fraksi-fraksi DPRD Kota Padang serta kantor jajaran Sektetariat DPRD setempat dan sarana penting lainnya.

#rel/ede





 
Top