BENGKULU -- Kebakaran lahan di Kelurahan Beringin Raya, Kota Bengkulu, masih berlanjut.  Hingga Minggu (24/12/2023), api belum kunjung padam.

Kendati tak tampak api berkobar di lokasi. namun asap tebal masih terus bermunculan dan tertiup angin ke perumahan warga.

BACA JUGA: Pengamanan Nataru, Personil Satpol PP Kota Padang Siaga di 11 Pos PAM dan Pos YAN

Kebakaran ini juga semakin mendekat ke rumah warga. Jika sebelumnya titik api atau sumber asap berjarak ratusan meter dari rumah warga, kini hanya berjarak puluhan meter saja.

Bahkan, pada Sabtu (23/12/2023) kemarin, api sempat membesar di dekat rumah warga lingkungan RT 3 RW 4 Kelurahan Beringin Raya.

Warga sendiri sudah berusaha memadamkan api dengan alat seadanya. Beberapa titik api atau asap yang berada dekat rumah, berusaha dipadamkan dengan menggunakan ember. 

Menurut warga setempat, api memang susah padamnya. Tanah gambut, diatas padam, dibawah masih ada api.

BACA JUGA: Pembangunannya Habiskan Rp129 Miliar, Kantor Baru Wakil Rakyat di Padang Tunggu Mobilier

Sejumlah warga kini juga takut meninggalkan rumah, karena sumber asap sangat dekat dengan rumah mereka.

Warga khawatir, jika rumah ditinggalkan, maka saat api tiba-tiba membesar, akan terlambat untuk memadamkan. Warga berharap pemerintah bisa segera memadamkan api.

Diketahui, kebakaran lahan gambut ini sudah terjadi 4 hari, sejak Senin (18/12/2023) lalu.

Lahan yang terbakar adalah lahan kosong yang dipenuhi tanaman dan semak-semak tebal. Kini sebagian tanaman dan semak-semak tersebut sudah hangus terbakar api.

#trb/ari





 
Top