PADANG -- Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono meninjau sejumlah gereja dan pos pengamanan (Pos Pam) yang berada di Kota Padang, Minggu (24/12/2023). 

Dalam peninjauan tersebut, kapolda bersama Gubernur Mahyeldi dan Forkopimda Sumbar mengunjungi Gereja St Fransiskus dengan menggunakan bus dari Polda Sumbar.

BACA JUGA: Pengamanan Libur Nataru, Personil Satpol PP Kota Padang Siaga di 11 Pos PAM dan Pos YAN

Selanjutnya, menuju gereja GPIB depan Kantor BRI, lanjut ke Pos Pam Simpang Karya, serta menuju gereja Katederal dan Pos Pam yang berada di depan gereja tersebut. 

Usai peninjauan, Kapolda Sumbar memastikan pelaksanaan malam misa Natal di wilayah hukum Polda Sumbar berjalan dalam keadaan aman dan lancar.

Dengan memberikan rasa aman tersebut membuktikan bahwa negara hadir di tengah masyarakat dalam bentuk kegiatan apapun.

KEPINGIN Gabung Jadi Biro Perwakilan Media Online Sumatrazone di Wilayah Anda? Dapatkan Aneka Fasilitasnya! Hubungi Kami via WA: +6283181675398. SYARAT RINGAN, QUOTA TERBATAS!

Dirinya juga telah mengecek para kapolres di jajarannya, untuk memantau situasi terkini terkait pengamanan saat malam Natal. 

Sebelumnya, Polda Sumbar beserta Polres jajaran melakukan sterilisasi di sejumlah gereja dan rumah ibadah yang berada di Sumbar.

“Proses sterilisasi ini penting dilakukan, agar jemaat yang melaksanakan ibadah bisa merasa tenang dan aman,” kata Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Dwi Sulistyawan.

Saat sterilisasi tersebut juga menurunkan tim Gegana Satbrimob Polda Sumbar. Sterilisasi dilakukan pada 13 gereja di Padang, 2 gereja di Padangpariaman, 3 gereja di Bukittinggi dan 1 gereja di Pasaman Barat.

Jaga Kondusivitas Wilayah

Wali Kota Padang Hendri Septa mengimbau masyarakat Kota Padang untuk menjaga kondusivitas wilayah selama perayaan Nataru.

BACA JUGA: Warga Padang Ogah Pilih Caleg "Predator" Lingkungan!

Hal itu dikatakan Wako Hendri Septa saat meninjau sejumlah Pos Pam dan Pos Yan di sejumlah titik di Kota Padang, Minggu (25/12/2023) malam.

Pada malam itu, Wako Hendri Septa didampingi Kapolresta Padang Kombes Pol Fery Harahap, Dandim 0312 Padang Letkol Kav Yudha Setiawan, Kajari Padang M. Fatria, Sekko Andree Algamar, dan pimpinan OPD terkait di lingkup Pemko Padang.

Ia mengungkapkan, peninjauan beberapa pos tersebut untuk memastikan keamanan dalam rangka menyambut libur Nataru.

“Bagi bapak/ibu yang berlibur ke Kota Padang agar selalu mematuhi dan mentaati aturan lalu lintas serta menjaga kondusivitas wilayah. Tetap hati-hati, jaga diri dan keluarga. Mari kita lewati Natal dan pergantian Tahun Baru ini dengan penuh suka cita,” ungkapnya.

Kapolresta Padang Kombes Pol Ferry Harahap menjelaskan, pihaknya mendirikan 12 pos untuk pengamanan perayaan Nataru. Ke-12 pos itu terdiri dari 10 Pos Pam dan 2 Pos Yan, berada pada pelabuhan, daerah wisata dan pusat-pusat perbelanjaan yang banyak dikunjungi masyarakat.

“Dari 10 pos pengamanan itu, ada 4 pos yang kita dirikan 24 jam, 2 di kawasan Pantai Padang dan 2 di gereja. Ini untuk memastikan keamanan masyarakat kita yang beragama Nasrani dalam melaksanakan ibadah,” ucap Ferry.

Pada pengamanan Nataru ini, pihaknya menurunkan 280 personel. Pihaknya juga dibantu oleh Kodim 0312/Padang dan Pemko Padang.

“Operasi Lilin ini berlangsung dari 22 Desember hingga 2 Januari 2024 mendatang. Kita berharap dengan adanya Pos Pam dan Pos Yan ini dapat memberikan perlindungan dan rasa aman bagi masyarakat,” harapnya. 

#rel/rel/bin




 
Top