JEMBER, JATIM - Masih banyak yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Diperlukan komitmen dari berbagai pihak terkait mulai dari pemerintah, swasta, hingga masyarakat untuk melakukan segala pembenahan agar pendidikan mampu menjadi lebih baik ke depannya.

Pembenahan yang urgent dilakukan untuk saat ini yakni mengatasi kekurangan guru, minimnya sarana dan prasarana pendidikan, serta akses pendidikan yang masih jauh. 

BACA JUGA: Krisis Kualitas Pendidikan Indonesia 20 Tahun Terakhir Belum Berakhir

“Sarana hingga kualitas dan jumlah tenaga pendidik harus dipenuhi dulu,” tegas Bupati Jember Hendy Siswanto saat peresmian pembangunan gedung sekolah di SMP Negeri 1 Ambulu, Rabu (13/12/2023).

Selain pembenahan berbagai sisi tersebut, yang juga sangat urgent yaitu meningkatkan semangat belajar peserta didik agar mereka memiliki tekad yang kuat dalam melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi lagi. Demi masa depan yang cemerlang sehingga nantinya  berkontribusi untuk pembangunan.

"Dalam hal ini peran guru dalam memberikan pembelajaran dan motivasi kepada peserta didik juga harus lebih ditingkatkan melalui penggunaan kurikulum Merdeka Belajar yang terbukti mampu membawa peserta didik menjadi lebih berkembang," ujar bupati.

Ia menekankan supaya pada 2024 mendatang sebisa mungkin semua guru harus jadi guru penggerak. Hal itu menurutnya juga sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan, khususnya di Jember.

BACA JUGA: Trasformasi Pendidikan Kunci Penting Wujudkan Generasi Emas Indonesia

Kemudian ia mengajak seluruh elemen untuk bergerak meningkatkan kualitas pendidikan. Guru harus menjalankan tugasnya dengan komitmen yang kuat. Sebab, itu merupakan tugas yang sangat mulia dengan mengajarkan orang lain menjadi pribadi yang baik.

Di sisi lain, bupati menjelaskan bahwa di Jember masih banyak sekolah yang bangunannya dalam kondisi rusak. Namun, untuk saat ini sudah ada beberapa sekolah yang mulai dicicil pembangunannya oleh Pemkab Jember. Namun, pada tahun 2024 akan dilakukan pembangunan secara berkala. 

“Insya Allah, tahun depan akan segera kami selesaikan,” pungkasnya.

#rjb/sci






 
Top