JAKARTA -- Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK menyatakan membuka kemungkinan untuk melakukan penyelidikan terkait adanya dugaan korupsi dalam pengerjaan proyek di Provinsi Lampung.

"Sangat mungkin untuk dilakukan penyelidikan," kata Wakil Ketua KPK Johanis Tanak di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Senin (8/5/2023).

Johanis Tanak mengatakan, KPK wajib menindaklanjuti setiap informasi yang diterima lembaga antirasuah itu, terutama mengenai adanya dugaan tindak pidana korupsi.

Namun demikian, Johanis Tanak belum bisa memastikan terkait apakah ada unsur dugaan korupsi proyek di Lampung atau tidak.

Sebelum menyelidikinya, Johanis menegaskan bahwa pimpinan KPK akan terlebih dahulu membahas berbagai informasi yang diterima lembaga antirasuah itu terkait proyek di Provinsi Lampung.

"Karena ini belum pasti tindak pidana korupsi atau bukan, tapi nanti akan dibicarakan,” ujar Johanis Tanak.

Johanis berjanji, setiap informasi yang diberikan kepada KPK terkait proyek di Lampung akan disampaikan kepada para pimpinan. 

“Apa yang teman-teman sampaikan akan disampaikan kepada pimpinan untuk dibicarakan bersama tentang hal itu," ujarnya.

Johanis juga mengatakan, pembahasan pimpinan KPK tersebut akan menjadi penentu apakah KPK akan membuka penyelidikan soal dugaan korupsi pengerjaan proyek di Provinsi Lampung atau tidak.

"Perkembangan apakah akan dilakukan penyelidikan dan sebagainya. Mudah-mudahan nanti dari diskusi bersama pimpinan akan disampaikan," kata Johanis Tanak.

Seperti diketahui, Provinsi Lampung tengah menjadi sorotan masyarakat karena sejumlah jalan yang ada di wilayah itu kondisinya rusak parah.

Kali pertama adalah seorang mahasiswa bernama Bima Yudho Saputro yang mengungkapkan tentang kondisi jalan di Lampung tersebut.

Kritiknya terhadap kondisi jalan di Lampung yang rusak parah itu kemudian viral di media sosial hingga menjadi pembicaraan masyarakat luas.

Belakangan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengunjungi Lampung untuk membuktikan sendiri mengenai kondisi jalan di Lampung yang rusak parah itu.

#kpc/tto/vyl






 
Top