PADANG- - Seorang bocah perempuan bernama Zalina, usia 3 tahun, dilaporkan hanyut ke dalam selokan dengan lebar 1,5 meter Jalan Hercules, Dadok, Tungul Hitam, Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) pada Sabtu  (6/5/2023) malam. Korban diduga hanyut saat bermain di halaman rumah saat kondisi cuaca hujan lebat melanda kota Padang.

Tim SAR segera mendatangi lokasi kejadian setelah mendapatkan laporan, dan melakukan pencarian bibir selokan sepanjang 400 meter yang dipenuhi air hujan. Tim SAR dibantu oleh masyarakat melakukan pencarian selama 5 jam. Namun upaya pencarian terhenti akibat hujan semakin deras.

Salah seorang warga mengatakan bahwa korban Zalina awalnya mandi hujan di halaman rumahnya, saat ditinggal orang tuanya untuk dibuatkan susu, korban sudah tidak ada di halaman rumah. 

"Awalnya korban sedang main hujan depan rumah. Sebelumnya orang tua korban sudah diperingati oleh tetangga bahwa anaknya tidak boleh bermain hujan-hujan," ungkap sang tetangga.

Selanjutnya, Danru Basarnas Padang Tri Desyu mengatakan bahwa Basarnas mendapatkan laporan dari masyarakat adanya seorang balita yang terseret arus air selokan saat hujan deras pada Jumat (6/5/2023) sekitar pukul 21:00 WIB. 

"Saat ini laporan kami terima tidak ada saksi mata yang melihat anak tersebut terbawa arus selokan saat bermain hujan-hujan di halaman rumahnya," ucapnya.

Namun, dengan adanya laporan Tim SAR bersama masyarakat, mereka langsung melakukan pencarian di sepanjang selokan dan pembuangan air dari selokan ke sungai.

"Identitas korban bernama Zalina, berumur 3 tahun, informasi yang kita dapat dari orang tua korban menggunakan baju belang berwarna hitam dan celana pendek berwarna biru," ucapnya.

Untuk upaya pencarian malam, Tim SAR dan masyarakat menduga korban berada di gorong-gorong yang sempit. 

"Kami sudah melakukan pengecekan gorong dengan kasat mata, senter penerangan, dan menggunakan galah untuk mempelancar penyempitan ruang area selokan," katanya.

#bsc/bin






 
Top