AGAM, SUMBAR -- Hujan deras dan angin kencang yang melanda beberapa daerah di Sumatera Barat (Sumbar) sejak Sabtu (6/5/2023) sore mengakibatkan longsor di jalur alternatif Padang-Bukittinggi via Malalak.

Longsor di Jorong Ambacang Nagari Malalak Timur, Kecamatan Malalak, Kabupaten Agam menutupi akses jalan, sehingga tidak dapat dilewati kendaraan roda dua maupun roda empat.

"Ketinggian material longsor kurang lebih satu meter dengan panjang kurang lebih lima belas meter. Longsor terjadi sekitar pukul 05.30 WIB," kata Kepala BPBD Agam, Bambang Warsito, Minggu (7/5/2023).

BACA JUGA: Jalan Nasional di Subulussalam Terendam Banjir Besar, Arus Lalulintas Aceh-Medan Macet Total

Ia mengatakan, informasi saat ini dari tim BPBD di lapangan, hujan masih terjadi dan pembersihan material losngsor sedang menunggu operator.

"Kita kerahkan dua alat berat, hingga pukul 09.00 WIB pembersihkan material longsor belum dilakukan karena masih menununggu operator," katanya.

Bambang mengimbau kepada pengguna jalan apabila terjadi hujan dan angin kencang untuk tidak melewati jalur Malalak.

"Beberapa daerah di Kabupaten Agam rawan longsor, salah satunya Malalak. Khusus untuk Malalak ini usahkan tidak melewati jalan apabila terjadi hujan," sambungnya.

Kepada penguna jalan juga harus bijak menyikapi perubahan cuaca dan tetap waspada apabila berpergian, terutama melewati daerah yang rawan longsor.

#trb/bin






 
Top