DEPOK, JABAR -- Pada Jumat (8/12/2023) dinihari sekitar 03.30 WIB, warga RT 2 RW 6 Kampung Tipar, Cimanggis, Depok, Jawa Barat (Jabar) digegerkan oleh aksi pembakaran spanduk hingga bendera merah putih oleh orang tidak dikenal (OTK). 

BACA JUGA: Polisi di Lhokseumawe Gagalkan Upaya 3 Pria Bawa Kabur Pengungsi Rohingya ke Sumut

Dua unit mobil tak luput dari sasaran pembakaran, mujur tak terjadi hal lebih fatal. Dalam artian dua mobil tidak terbakar secara keseluruhan. Aksi viral tersebut sontak menimbulkan keresahan di tengah-tengah warga.

Polsek Cimanggis telah mengantongi foto terduga tersangka dan rekaman CCTV kasus pembakaran bendera merah putih hingga 2 unit mobil di Cimanggis, Depok pada Jumat (8/12/2023) tersebut.

KEPINGIN Gabung Jadi Biro Perwakilan Media Online Sumatrazone di Wilayah Anda? Dapatkan Aneka Fasilitasnya! Hubungi Kami via WA: +6283181675398. SYARAT RINGAN, QUOTA TERBATAS!

Kanit Reskrim Polsek Cimanggis Iptu David Aulia kepada awak media, mengatakan, pihaknya tengah mendalami motif orang tidak dikenal (OTK) tersebut dalam pembakaran ini. 

"Ciri-ciri termasuk inisial terduga pelaku telah kami kantongi, sementara kami masih melakukan pengembangan, masih penyelidikan. Apakah aksi pembakaran ini atas niat pelaku atau karena dia sakit, nanti kami juga akan melakukan pendalaman ke arah itu," ujarnya.

Iptu David Aulia hanya mengungkapkan, berdasarkan informasi warga setempat terduga tempat tinggal pelaku masih di sekitar TKP. Namun lantaran masih terbilang warga baru, sosoknya masih samar-samar. Yang pasti selepas kejadian, pelaku langsung melarikan diri. Polisi sedang memburunya. 

BACA JUGA: Ditetapkan Tersangka Tapi Belum Ditahan, Firli Ngaku Tertekan Diperiksa Kasus Korupsi

Diketahui, dalam kejadian ini ada 4 titik yang menjadi sasaran pembakaran. Pertama, bendera merah putih, sarung pengaman mobil serta spanduk pada dua warung.

Dalam unggahan video laman Instagram @infodepok_id, terlihat sebuah bendera merah putih dalam kondisi habis terbakar. Sementara mobil Toyota Innova hijau dipenuhi lelehan bekas sarung pengaman di seluruh bagian.

"Ini awal dari pembakaran bendera merah putih menyambar ke (sarung) mobil di Kampung Tipar RT 2 RW 6. Pelakunya diketahui seorang remaja mengenakan sweater hoodie abu-abu terpantau melalui CCTV," ucap seorang wanita dalam video yang diunggah laman Instagram @infodepok_id.

"Ini bukti pembakaran spanduk di warung," tambahnya.

Selepas mendapat laporan ihwal aksi bertendesi pelecehan terhadap simbol-simbol negara tersebut, Kapolsek Cimanggis, Kompol Arief Budiharso langsung mengerahkan jajaran untuk mengecek tempat kejadian perkara tersebut. "Kami cek (TKP) dulu," kata Arief saat dikonfirmasi.

#dtc/okz/vto








 
Top