PADANG – Sepasang mahasiswa Universitas Andalas (Unand), Sumatera Barat, dikabarkan kepergok warga tengah berbuat mesum dalam kamar yang ada di masjid kampus pada Sabtu (9/12/2023) lalu sekitar pukul 18.21 WIB. 

BACA JUGA: Mahasiswi STIKES di Padang Tewas Usai Aborsi, Pacar dan Dukun Beranak Jadi Tersangka

Ramai pemberitaan seputar kasus asusila ini, bahkan sebelumnya sudah viral di media sosial. Mirisnya lagi, berdasarkan pengakuan pasangan mahasiswa Unand tersebut, mereka sudah tiga kali melakukan perbuatan asusila di masjid kampus tersebut. Bahkan jauh sebelum itu juga pernah melakukannya di beberapa masjid lainnya.

Pihak kampus langsung bereaksi dan akan turun tangan mengusut kejadian bertendensi merusak citra Unand selaku salah satu perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia. Masih lekat di ingatan kasus asusila oleh pasangan mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) sekarang muncul lagi kasus tak jauh beda.

Rektor Unand Efa Yonnedi mengaku prihatin dengan peristiwa itu.

KEPINGIN Gabung Jadi Biro Perwakilan Media Online Sumatrazone di Wilayah Anda? Dapatkan Aneka Fasilitasnya! Hubungi Kami via WA: +6283181675398. SYARAT RINGAN, QUOTA TERBATAS!

"Sangat prihatin dan ini adalah ujian bagi integritas dan komitmen Unand terhadap nilai-nilai etika jika terbukti berita itu benar," kata Efa Yonnedi menjawab konfirmasi awak media di Padang, Senin (11/12/2023).

Ditekankan Efa, pihaknya memiliki mekanisme untuk menangani perilaku yang diduga melanggar etik ini. Pihak Unand sedang menyelidiki kasus ini.

"Unand sedang menyelidiki kasus secara internal oleh komite etik. Pemanggilan terhadap mahasiswa dan orang tua dilakukan hari ini," sebutnya.

Sebelumnya, pada Sabtu, (9/12/2023) sekitar pukul 18.21 WIB, sepasang mahasiswa Unand berinisial TK (laki-laki) dan IA (perempuan) dipergoki warga ketika berbuat asusila di Masjid Al-Ihsan, Puncak Jawa Gadut, Limau Manis, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Sumatera Barat.

BACA JUGA: Akui Mesum Saat Kuliah Umum via Zoom, Mahasiswa UIN Suska Inisial "AAF" Terima Sanksi DO

Dari laporan Instagram @infounand, Senin (11/12/2023) diketahui TK berasal dari Fakultas Hukum (FH) dan pasangannya IA berasal dari Fakultas Ilmu Budaya (FIB).

TK mengaku sudah tiga kali melakukan perbuatan mesum tersebut di dalam masjid, bahkan pernah melakukan hal serupa di masjid lain. Diduga saat masjid dalam kondisi sepi, TK yang merupakan garin atau marbot mengajak IA ke dalam kamar.

“TK juga diketahui pernah menjadi marbot/garin di Masjid MNI (Masjid Nurul Iman) Unand dan dikeluarkan karena kasus yang sama, sedangkan IA diketahui saat ini tinggal di asrama Unand,” tulis keterangan unggahan.

Informasi dihimpun, perbuatan mesum tersebut pertama kali dicurigai oleh Irfan Firmansyah selaku teman sekamar TK. Ia curiga lantaran sering menemukan helai rambut perempuan di toilet dalam kamar.

“Awalnya udah curiga, sebab menemukan ada rambut perempuan di kamar mandi, juga kondisi kamar yang berantakan,” tutur Irfan kepada awak media.

Beberapa hari kemudian, Irfan memergoki pasangan tersebut sedang berduaan di dalam kamar. Ia lantas melaporkannya ke pengurus masjid untuk melakukan tindakan lebih lanjut.

Saat digerebek, IA sempat bersembunyi di bawah tempat tidur dengan menutupi tubuhnya menggunakan koper dan bantal guling. Namun warga berhasil menemukannya yang saat itu menggunakan kaos berwarna hitam dan hanya bercelana pendek.

BACA JUGA: Anggota Dewan PKS Tertangkap "Sedang Begituan" dengan Seorang Gadis Dalam Mobil Dinasnya!

Ketua Masjid Al-Ihsan, Dodi Febrizal mengatakan mulanya jemaah ingin menyelesaikan perkara ini secara kekeluargaan. Namun, karena kejadian tersebut bukan kali pertama, maka keduanya diminta membuat surat pernyataan.

Surat pernyataan itu berisi bahwa mereka mengakui perbuatan tersebut dan siap menerima konsekuensi yang ada jika kembali melakukannya.

“Karena ini bukan pertama kali, sudah berulang-ulang, tidak bisa dibiarkan saja,ini merupakan tanggung jawab kita bersama,” kata Dodi.

#dtc/dts/bin







 
Top